Senin, 24 Januari 2011

LIMA BESAR PENYAKIT MENTAL MASYARAKAT

Prof. Dr. dr. H. Dadang Hawari, Psikiater

LIMA BESAR
PENYAKIT MENTAL
MASYARAKAT

Kemiskinan materi, kemiskinan iman dan kemiskinan informasi merupakan salah satu sebab keterpurukan bangsa. Masalah utama yang sedang dihadapi oleh masyarakat dan bangsa Indonesia adalah SDM yang kurang bermutu, serta ketidakpastian secara fundamental di bidang hukum, moral, norma dan etika kehidupan.

Dalam buku ini diuraikan Lima Besar Penyakit Mental Masyarakat yang merupakan pertanda SDM tidak berkualitas. Penyakit tersebut dikenal dengan istilah Mo-Limo yang merupakan singkatan dari Maling (Korupsi), Madon (Perzinaan), Main (Berjudi), Minum (Miras/Alkohol) dan Madat (Narkoba).

Dengan tuntunan wahyu Illahi yaitu mengutip ayat-ayat suci Al Qur'an dan hadits Nabi Muhammad saw., menjadikan kajian ilmiah Mo-Limo ini merupakan penyakit mental masyarakat yang sudah mendapat peringatan dari Allah swt. 1.500 tahun yang lalu; untuk itu manusia kembali diperingatkan dalam momentum introspeksi Idul Fitri.

Prof. Dr. dr. H. Dadang Hawari, Psikiater , adalah nama yang tidak asing lagi di kalangan pemerintahan, ilmuwan, agamawan maupun masyarakat awam. Seorang Guru Besar pada Fakultas Pascasarjana Universitas Indonesia. Beliau adalah pembicara baik di dalam maupun di luar negeri, ilmiah maupun populer mengenai masalah-masalah psikososial, sebagai narasumber di berbagai media cetak dan elektronik, tidak menjadikan kesibukannya terganggu untuk menjadi seorang da'i yang handal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar