Senin, 24 Januari 2011

KONSEP AGAMA (ISLAM) MENANGGULANGI NAZA (Narkotika, Alkohol & Zat Adiktif)

Prof. Dr. dr. H. Dadang Hawari, psikiater

KONSEP AGAMA (ISLAM)
MENANGGULANGI NAZA
(Narkotika, Alkohol & Zat Adiktif)

 Bagaimanakah konsep agama (Islam) pada prevensi, terapi dan rehabilitasi NAZA yang rasional dan religius dibahas secara rinci dalam buku ini. Rujukan ayat-ayat dan hadis dalam buku ini menunjukkan bahwa sesungguhnya ajaran-ajaran Tuhan itu adalah suatu peringatan (Q.S. 80 : 11) bagi para orangtua sebagai penanggungjawab yang akan dimintai pertanggungjawabannya dalam mendidik anak/remaja (H.R. Bukhari Muslim).

Dengan memahami isi buku ini diharapkan para orangtua dapat melakukan upaya-upaya prevensi, terapi dan rehabilitasi; agar anak/remaja dapat dicegah mengkonsumsi NAZA, dan memberikan terapi dan rehabilitasi manakala anak/remaja terlanjur terlibat dalam penyalahgunaan/ketergantungan NAZA. Setelah membaca buku ini diharapkan para orangtua tidak menjadi panik dan putus asa dalam menghadapi anak/remaja yang menjadi “korban/penderita” NAZA; karena sesungguhnya dibalik kesukaran itu ada kemudahan, berusaha (berobat) dengan memohon pertolongan Allah swt. (Q.S. 94 : 5-8).

Prof. Dr. dr. H. Dadang Hawari, Psikiater, adalah nama yang tak asing lagi di kalangan ilmuwan, pemerintahan, agamawan, maupun masyarakat awam. Seorang Guru Besar Tetap pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang selama lebih dari 30 tahun menggeluti bidang NAZA yang merupakan ancaman nasional. Selain daripada itu beliau juga dikenal sebagai da'i, salah seorang pelopor yang mengintegrasikan ilmu kedokteran (khususnya ilmu kedokteran jiwa/kesehatan jiwa) dengan agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar