Senin, 08 November 2010

Dadang Hawari on Maia & Dhani Ahmad case

Dadang Hawari on Maia & Dhani Ahmad case

Sumber tabloid Nova

Suami-istri bekerja, seperti yang terjadi pada pasangan Dhani-Maia, menurut psikiater Prof. DR. H. Dadang Hawari, sudah umum terjadi dewasa ini. Alasan istri bekerja punya latar belakang beragam. Namun yang sering dikemukakan, karena ingin membantu perekonomian rumah tangga dan mengaktualisasikan diri. "Kalau atas persetujuan suami dan asal bekerja di jalan yang halal, ya, enggak apa-apa," kata Dadang.

Memang, pada akhirnya istri yang bekerja punya tugas dan beban yang lebih berat dibandingkan suaminya. Karena sang istri harus bisa membagi waktu untuk mengurus suami dan anak-anaknya. Dalam situasi seperti ini, suami punya hak mengawasi istrinya agak tidak “lepas kendali”. Memang, dalam banyak kasus, kata Dadang, ketika istri bekerja, urusan keluarga dan anak menjadi terlantar.

Hal seperti inilah yang ditengarai Dadang terjadi pada rumah tangga Dhani-Maia, seperti yang dituturkan Dhani ke media massa. Jika dalam perjalanan karirnya istri mulai melupakan tanggung jawabnya dalam keluarga, Dadang menyarankan suami mengingatkan dengan cara baik-baik. Makanya Dadang mengecam cara Dhani memperingati Maia lewat omongan di media massa. "Itu kan jadi heboh. Tidak bagus mengemukakan ketidakpatuhan istri. Mungkin istri begitu karena dia tidak tahu. Jadi seharusnya dibimbing," ungkap Dadang.

Sebagai kepala dan imam dalam keluarga, menurut Dadang, laki-laki tidak boleh bersikap otoriter. Kendati Dhani melarang Maia bekerja, tetapi Maia harus diberi kesempatan mengutarakan argumentasinya. “Ini namanya demokrasi. Cuma kebanyakan suami-suami itu argumentasi maunya sepihak saja. Dari sudut laki-laki saja, dari perempuan enggak mau menerima," kata Dadang.

Kata Dadang, kalau istri punya banyak waktu luang di rumah dan ingin bekerja, boleh diberi kesempatan. “Kalau istri di rumah saja, tidak ada kegiatan apa-apa, menunggu suami dari pagi sampai sore, itu bisa ‘sakit’ juga. Harus diisi waktunya, asal tidak melalaikan tugas gandanya," urai Dadang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar