Selasa, 18 Januari 2011

Manfaat Hidup Bertetangga


Manfaat Hidup Bertetangga

INGIN terbebas dari risiko hipertensi? Cobalah hidup bertetangga. Orang-orang yang tinggal di lingkungan yang banyak tetangga bisa hidup tenang. Sebab jauh dari risiko kejahatan serta terdapat banyak fasilitas sosial dan umum. Warganya punya solidaritas tinggi.

Seperti dikutip jurnal Epidemiology, bulan lalu, lingkungan itu bisa menunjang kesehatan jantung. Menurut Profesor Ana V. Diez Roux, epidemiolog di University of Medicine, Amerika Serikat, banyaknya gang juga ikut berperan karena dapat mendorong warga untuk berjalan kaki. “Kondisi itu bisa membuat orang lebih rileks dan dapat memulihkan stres,” katanya.

Pernyataan Ana itu didasarkan pada studi terhadap 2.612 pria dewasa berusia 45-65 tahun di Amerika Serikat. Hasilnya, risiko terkena tekanan darah tinggi pada orang yang tinggal di permukiman yang tetangganya berdekatan adalah seperempat lebih rendah ketimbang yang tinggal di permukiman yang agak berjauhan satu sama lainnya atau yang kurang bergaul dengan tetangga.

“Perlu kebijaksanaan yang dapat menciptakan lingkungan kondusif untuk membuat pilihan yang menyehatkan dan mengurangi stres,” ujarnya. (Gatra, 30 Juli 2008). (Ditulis kembali oleh: Mohamad Istihori).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar